Rabu, 25 Februari 2009

Tugas PPKn waktu Pembahasan Globalisasi

DAMPAK-DAMPAK GLOBALISASI DALAM BIDANG IPTEK

1. Jelaskan dampak positif maupun negatif dari Globalisasi dalam bidang IPTEK !
2. Jelaskan usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi Globalisasi tersebut !

Jawab :

Ø Dampak positif :
§ Semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi, komunikasi, dan trasportasi. Hal ini memungkinkan seseorang mampu berkomunikasi melewati batas-batas negara dengan efisien dan efektif.
§ Ditemukaannya obat-obatan dan teknologi dalam kedokteran akan membantu banyak manusia dalam hal kemanusiaan. Selain itu majunya alat-alat kedokteran yang semakin canggih dan tenaga yang profesional dapat membuat pasien sembuh makin besar.

Ø Dampak negatif :
§ Kadar dan kualitas kejahatan semakin canggih dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi.
§ Makin banyaknya bahan-bahan kimmia yang tersedia dan semakin canggihnya teknologi yang semakin memudahkan untuk menciptakan senjata kimia dan biologi yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup, seperti bahan peledak, bom atom, dan lain-lain yang digunakan pada saat peperangan.

Upaya-upaya :
§ Membatasi banyaknya bahan-bahan kimia yang dijual dan mengawasi yang membelinya agar tidak dipergunakan secara tidak benar.
§ Karena kejahatan semakin meningkat akibat teknologi yang canggih, sebaiknya keamanan kita diperketat dan diperkuat. Sumber daya manusianya diberi pelajaran dan pendidikan untuk mengatasi kriminalitas tersebut.

Tidak ada komentar: